MASALAH YANG DIHADAPI KOPERASI SAAT INI & SOLUSINYA

1. Masalah krisis global yang menimpa seluruh negara
masalah krisis global bukan hanya dapat dirasakan oleh negara-negara berkembang, persoalan ini bahkan sudah meresahkan negara-negara maju. Oleh sebab itu, sikap bijak pemerintah sangat dituntut dalam menyelesaikan masalah ini. jika kita ingat dengan masalah krisis moneter beberapa tahun yang lalu, peran koperasilah yang dapat membuat negara kita tidak terlalu berpengaruh dengan krisis tersebut.

Maka dari itu solusinya adalah, koperasi tetap konsisten terhadap harga yang sudah ada pada masyarakat dan tidak mengikuti harga dunia. dengan keadaan koperasi yang masih stabil, maka masyarakat akan sangat terbantu untuk tetap berproduksi dalam bidangnya dan mampu menciptakan devisa untuk negara kembali.

2. Masalah permodalan
Koperasi adalah usaha yang membutuhkan modal yang sangat besar, oleh karena itu peran pemerintah dalam membantu permodalan koperasi sangat dibutuhkan.

Solusinya adalah, pemerintah dapat memberikan modal kepada koperasi lewat APBN dan APBD.

3. Masalah sumber daya manusia
Koperasi sangat dekat kaitannya dengan orang ataupun kelompok orang. oleh karena itu koperasi tidak hanya membutuhkan modal, namun juga membutuhkan beberapa orang ahli dalam bidang-bidang tertentu agar dapat memberikan ilmu yang dibutuhkan oleh para anggotanya.

Solusinya adalah, pemerintah menyediakan beberapa orang ahli yang dapat disebarkan keseluruh daerah untuk membantu koperasi dalam mendidik anggotanya.

4. Masalah persaingan dengan perusahaan besar
Jika kita lihat peran koperasi sangat jauh jika dibadingkan dengan peran dari perusahaan-perusahaan besar. ini karena sosialisasi terhadap masyarakat akan adanya koperasi sangatlah kurang, yang menyebabkan antusias masyarakat terhadap koperasi pun terbatas.

Solusinya, pemerintah memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar mau bergabung dengan koperasi. sehingga peran koperasi terhadap perekonomian negara kembali seperti dulu, saat koperasi membantu negara dalam masa-masa krisis moneter.

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar