Ulasan Artikel Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomaret dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi

Dalam paragraf 1 terdapat kalimat (Data dianalisis dengan menggunakan compare means independent samples t test, chi square, statistik deskriptif dengan program SPSS versi 15.0.) dan (Berdasarkan diagram kartesius importance performance analysis of service quality dimension dari minimarket Indomaret dengan Alfamart, bahwa dimensi korespondensifan belum sesuai dengan yang diharapkan, baik oleh para pelanggan minimarket Indomaret maupun para pelanggan minimarket Alfamart.). Analisis yang saya dapat dari beberapa kalimat diatas, terlihat beberapa istilah-istilah bahasa bahasa inggris. Seharusnya untuk istilah dalam bahasa inggris kita harus mengubah penulisannya ketipe tulisan miring (Italic), jadi para pembacanya akan mengetahui bahwa istilah tersebut merupakan cantuman dari istilah asing. Penulisan yang seharusnya adalah (Data dianalisis dengan menggunakan compare means independent samples t test, chi square, statistik deskriptif dengan program SPSS versi 15.0.” dan “Berdasarkan diagram kartesius importance performance analysis of service quality dimension dari minimarket Indomaret dengan Alfamart, bahwa dimensi korespondensifan belum sesuai dengan yang diharapkan, baik oleh para pelanggan minimarket Indomaret maupun para pelanggan minimarket Alfamart.). Dalam paragraf 1 terdapat kalimat (Sedangkan hasil uji perbandingan kualitas pelayanan antara minimarket Indomaret dan Alfamart berdasarkan dimensi kehandalan, keresponsifan, assurance, empathy dan tangible serta kualitas pelayanan keseluruhan ada perbedaaan yang signifikan.). Kata assurance, empathy, dan tangible merupakan kata dalam bahasa inggris yang dicantumkan pengarang, seharusnya sebelum dicantumkan pengarang terlebih dahulu mengartikan ketiga kata tersebut kedalam bahasa indonesia. Kasimpulannya kalimat yang seharusnya adalah (Sedangkan hasil uji perbandingan kualitas pelayanan antara minimarket Indomaret dan Alfamart berdasarkan dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, perhatian dan kemampuan fisik serta kualitas pelayanan keseluruhan ada perbedaaan yang signifikan.).


Paragraf 7, di awal paragraf terdapat kalimat berisi (Dalam memilih toko konsumen memiliki kriteria evaluasi diantaranya adalah faktor kenyamanan, pelayanan, kelengkapan produk, dan lain sebagainya hal tersebut menjadikan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan produsen karena akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen untuk memilih toko mana yang akan didatangi konsumen (James F Engel,1994:258),). Terdapat banyak tanda baca yang tidak dicantumkan seperti tanda (,) antara kata toko dan konsumen, lalu tanda (.) antara kata sebagainya dan hal. Setelah ada tanda (.) sebelum kata hal, maka kata “hal” tersebut menjadi kata awal kalimat yang huruf awalnya dirubah menjadi besar “Hal”. Ada pula kata “menjadikan” yang sebaiknya dirubah menjadi “menjadi”. Kalimat yang telah dianalisis akan menjadi (Dalam memilih toko, konsumen memiliki kriteria evaluasi diantaranya adalah faktor kenyamanan, pelayanan, kelengkapan produk, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan produsen karena akan menjadi bahan perbandingan bagi konsumen untuk memilih toko mana yang akan didatangi konsumen (James F Engel,1994:258),).


Paragraf 9, pada kalimat 3 berisi (Perilaku konsumen sangat komplek dan sulit di prediksi.). kesalahan terdapat pada kata di akhir kalimat “di prediksi”, kesalahannya adalah kata “di” dan “prediksi” seharusnya digabung karena tidak menunjukan tempat. Kalimat yang seharusnya adalah (Perilaku konsumen sangat komplek dan sulit diprediksi.). dan pada paragraf 15 berisi (Menurut Richard Oliver (Husein Umar, 2003 : 14) kepuasan pelanggan adalah “ respon pemenuhan dari konsumen. Kepuasan adalah hasil penelitian dari konsumen bahwa pelayanan telah memberikan tingkat kenikmatan dimana tingkat pemenuhan ini bisa hilang atau kurang.). Kita bisa melihat kelemahan dari kalimat tersebut, bahwa setelah tanda petikdua (“) seharusnya pada kata awalnya harus dimulai dari huruf besar, menjadi “Respon” dan tidak perlu ada spasi antara tanda petikdua tersebut dengan kata berikutnya. Selain itu ada kesalahan lagi diakhir kalimat, yaitu tidak ada tanda petikdua penutup yang mengesankan kalimat tersebut (yang merupakan argumen) menjadi mengambang dimana akhir dari argumen tersebut. Maka seharusnya kalimat yang baik adalah (Menurut Richard Oliver (Husein Umar, 2003 : 14) kepuasan pelanggan adalah “Respon pemenuhan dari konsumen. Kepuasan adalah hasil penelitian dari konsumen bahwa pelayanan telah memberikan tingkat kenikmatan dimana tingkat pemenuhan ini bisa hilang atau kurang”.).

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar