PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI AKUNTANSI INTERNASIONAL


Akuntansi Internasional adalah akuntansi untuk transaksi internasional, perbandingan prinsip akuntansi antarnegara yang berbeda dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing dan bidang akuntansi lainnya. Akuntansi harus berkembang agar mampu memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan di perusahaan pada setiap perubahan lingkungan bisnis.

SUDUT PANDANG SEJARAH
·         Pembukuanberpasangan(double entry bookkeeping) bermula di negara Italiapada abad ke-14 dan 15. Pembukuan ala Italia  kemudian beralih ke Jerman,Belanda dan Perancis.

·         Inggris Raya, pada tahun 1850-an tumbuh masyarakat akuntansi dan suatuprofesiakuntan publik yang terorganisasidi Skotlandia dan Inggris selama tahun1870-an.

·         Model akuntansi Inggris menyebarluas tidak hanya di seluruh Amerika Utara,tetapi juga di seluruh wilayah PersemakmuranInggris. Model AakuntasniBelanda diekspor ke Indonesia, Akuntansi Perancis menempati polinesia danwilayah-wilayahAfrika yang ada di bawah pemerintahann Perancis, sedangkanAkuntasni Jerman mempengaruhi Jepang, Swedia, dan KekaisaranRusi.

·         Pada abad ke-20, seiring dengan tumbuhnya kekuatan ekonomi AmerikaSerikat,muncul masalah-masalahakuntansi secara bersamaan. Masalah semakinrumitsetelahperang dunia II.

·         Di banyak negara, akuntansi tetap merupakan masalah nasional. Untukmengatasimas alah akuntansi tersebut, usaha-usahainstitusi untukmempersempitperbedaan dalam pengukuran, pengungkapan, dan prosesauditing di seluruh dunia semakinintensif dilakukan

SUDUT PANDANG KONTEMPORER
·         Terdapat juga faktor tambahan yang turutmenambahpentingnya mempelajari akuntansiInternasional. Faktor-faktorini tumbuh daripenguranganyang signifikan dan terus menerushambatanperdagangan dan pengendalianmodalsecara nasional yang terjadi bersamaan dengankemajuan dalam teknologi informasi.

PERTUMBUHAN DAN PENYEBARAN OPERASI MULTINASIONAL
·         Bisnisinternasionalsecara tradisional terkaitdengan perdagangan luarnegeri. Kegiatan ini berakar dari masa lampau, akan terusberlanjut.
·         Saat ini, bisnisinternasional semakin berhubungan dengan investasiasinglangsung, yang meliputipendirian sistem, manufakturataudistribusidi luar negeri dengan membentukafiliasi yang dimilikiseutuhnya, usaha patungan atau aliansi strategis.

·         Meledaknyaarus investasi asing langsungke negara-negara berkembangsejak awal tahun 1990-an menunjukkan bahwa MNC semakin menyadaribahwa negara-negara tuan rumah (host countries) menjadi lokasiinvestasiyang menarik.
·         Ada beberapa masalah yang kan dihadapi manajer keuangan danakuntan ketikadilakukannya operasi di luar negeri yaitumasalahpenyajian dari sekelompok prinsip, kurs matauang, pengaruhkompleksitaslingkunganpengukuran akuntansi, kemudianperpajakaninternasionaldan penentuan harga transfer.

KOMPETISIGLOBAL 
·         Penentuan acuan (benchmarking), suatutindakan untuk membandingkan kinerja satupihak dengan suatu standar yang memadai,bukanlah hal yang baru. Yang baru adalahstandar perbandingan yang digunakan kinimelampaui batas-batas nasional.

MERGER DAN AKUISISI LINTAS BATAS
·         Merger umumnya diringkas dengan istilahsinergi operasi atau skala ekonomi, akuntansimemainkan peranan yang penting dalammega konsolidasi ini karena angka-angka yangdihasilakn akuntansi bersifat mendasar dalamproses penilaian perusahaan. Perbedaanaturan pengukuaran nasional dapatmemperumit proses penilaian perusahaan.

INOVASIKEUANGAN
·         Manjemen Risiko, berdasarkan kondisi duniasaat ini, manajer keuangan perlu menyadaririsiko yang mereka hadapi yang bersala darivolatilitas, memutuskan risiko manakah yangperlu dilindungi dan mengevaluasi hasilstrategi manajemen risiko yang dijalankan.

INTERNASIONALISASI PASAR  MODAL 
·         Tiga wilayah pasar ekuitas terbesar yaitu:
1.      AmerikaUtara
EkonomiAS dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpahenti selama tahun 1990-an. Pada tahun 2000, baik NYSE maupunNasdaq mendominsi bursa efeklain di seluruh dunia.
2.      Asia
Republik Rakyat Cina (Cina) muncul sebagai perekonomianglobalutama dan negara-negara  Macan Asia” mengalami pertumbuhandan pembangunan yang fenomenal.
3.      Eropa Barat
Perluasan ekonomi secara signifikan turut menyumbangkanpertumbuhanpasar ekuitas eropayang cepata selama paruh keduatahun 1990-an. Faktor terkait di Eropas Kontinental adalahperubahanperlahan menuju orientasi ekuitas yang sudah lamamenjadiciri-ciri pasar ekuitas London dan Amerika Utara.

PASAR EKUITAS EROPA
·         Budaya Ekuitas yang Baru di Eropa
Dasar lebih lanjut untuk memperkirakan pertumbuhanberkelanjutan di pasar ekuitas Eropa adalahbertumbuhnya budaya ekuitas di Eropa. Persainganyang intensif di kalangan bursa efek Eropa memicutimbulnya perkembangan suatu budaya ekuitas.

·         Pencatatan dan Penerbitan Saham Lintas Batas
gelombang minat melakukan pencatatansaham lintasbatas yang sekarang terjadi pada pasar baru Eropamengikuti periode tahun 1980-an ketika ratusanperusahaanasing mencatatkansahamnya pada bursaefek di Eropa.

PERKEMBANGAN DANKLASIFIKASI
·         Kita akan dapat memahami dengan lebih baiksistem akuntansi suatu Negara denganmengetahui faktor-faktor dasar yangmempengaruhi perkembangannya. Klasifikasimerupakan dasar untuk memahami danmenganalisis mengapa dan bagaimana sistemakuntansi nasional berbeda-beda.

4 DIMENSIBUDAYANASIONAL 
1. Individualisme
2. Jarak Kekuasaan
3. Penghindaran ketidakpastian
4.Maskulinitas

4 DIMENSINILAIAKUNTANSI
·         4 Dimensi Nilai akuntansi yang mempengaruhipraktik pelaporan keuangan suatu negara :
1. Profesionalisme versus kontrol wajib
2. Keseragaman versus fleksibilitas
3. Konservatisme versus optimism
4. Kerahasiaan versus transparansi

KLASIFIKASI
2 Metode klasifikasi :
1. Klasifikasi dengan pertimbangan
2. Klasifikasi secara empiris

4  PENDEKATAN TERHADAP PERKEMBANGAN AKUNTANSI
1.      Berdasarkanpendekatan
makroekonomi , praktikakuntansi didapatkandari dan dirancang untukmenmingkatakantujuan makroekonomi nasional.
2.      Berdasarkanpendekatan
mikroekonomi, akuntansiberkembang dari prinsip-prinsip mikroekonomi.
3.      Berdasarkanpendekatan
independen, akuntansiberasal dari praktik bisnis dan berkembang secara
ad hoc, dengan dasar perlahan-lahandari pertimbangan,coba-coba dan kesalahan.
4.      Berdasarkanpendekatanyang
seragam, akuntansidistandardisasi dan digunakan sebagai alat untukkendali administrasi oleh pemerintah pusat.

SISTEMHUKUM
1. Akuntansi Hukum Umum
2. Akuntansi Hukum Kode

AKUNTANSI PENYAJIAN WAJAR vs KEPATUHAN HUKUM
Banyak perbedaan akuntansi dari tingkat nasionalmenjadi semakin hilang. Terdapat beberapaalasanuntuk hal ini.
1. Ratusan perusahaan saat ini mencatatkansahamnya pada bursa efek di luar Negara asalmereka.
2. Beberapa hukum kode, secara khusus Jerman danJepang mengalihkan pembentukan standarakuntansi dari pemerintah kepada sektor swastayang professional dan independen
3. Pentingnya pasar saham sebagai sumberpendanaan semakin tumbuh di seluruh dunia.

Referensi :

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar